Perhotelan Poltekbos Berikan Tips dan Trik Pemasaran, Teaching Factory Fasilitasi Mahasiswa

Program Studi Perhotelan Politeknik Bosowa (Poltekbos) berbagi seputar tips dan trik pemasaran produk dalam Podcast Education Talk, Senin (12/6/23).

Bincang santai ini menghadirkan salah satu narasumber dosen Pemasaran, Nila Sartika Achmadi,S.M.B., M.M.

Prodi Perhotelan Politeknik Bosowa menyiapkan mahasiswa untuk dapat berkarir dan berkarya di bidang perhotelan dan pariwisata.

Nila memaparkan jika mata kuliah pemasaran bertujuan untuk mengajarkan tentang bagaimana memasarkan, tidak hanya dimulai saat akan dijual, melainkan dimulai dari penentuan konsep sebuah produk.

" Perlunya mengetahui siapa pangsa pasar yang akan dipilih, apa kebutuhan dan keinginannya, seperti apa kemampuannya memenuhi kebutuhan dan keinginan itu, dan dengan cara apa mereka ingin memenuhinya adalah sebagian teka-teki yang harus dipecahkan seorang pemasar sebelum meluncurkan sebuah produk,"paparnya.

Tak hanya itu saja, saat menjalani short course di Niagara College, Kanada, mahasiswa diberikan kebebasan berkreasi, menciptakan produk, mengemas, dan memasarkannya secara komersial.

Teaching factory yang dimiliki benar-benar memfasilitasi kreativitas mahasiswa, bahkan alumni yang masih ingin berkontribusi.

Saat ini, mahasiswa Perhotelan sudah menghasilkan berbagai produk seperti bajabu ikan asap yang merupakan diversifikasi dari produk bajabu yang merupakan makanan khas Bugis-Makassar, kue-kue kering berbahan dasar sorgum yang lebih sehat, dan produk seperti olahan tulang ikan.

Mahasiswa didampingi oleh dosen-dosen di bidang kuliner untuk melakukan eksperimen membuat produk, lalu menguji tingkat kesukaan masyarakat.

Dosen pemasaran dan kewirausahaan menjadi salah satu pendamping untuk pengemasan dan branding produk serta penjualan.

Nila menambahkan bahwa salah satu kendala utama seseorang untuk menjalankan idenya adalah kurangnya support dari lingkungan sekitar.

" Prodi Perhotelan Poltekbos menyediakan dukungan dan pendampingan untuk mengeksekusi ide tersebut, beberapa mahasiswa sudah sukses dengan bisnis kulinernya dan diundang kembali ke kampus untuk mengisi kuliah tamu dan berbagi inspirasi demi lahirnya wirausaha muda Indonesia,"pungkasnya.