Ratusan Siswa Ramaikan Workshop Enterpreneur, Poltekbos Ungkap Strategi Pemasaran Sukses

Program Studi Perhotelan Politeknik Bosowa (Poltekbos) menggelar Workshop bagi siswa siswi kelas XI di SMK Negeri 8 Makassar, Rabu(1/3/23).

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat berupa sekolah binaan.

Workshop bertajuk Product Idea, Packaging & Marketing Strategy for the New Studentpreneur in High School, yang diikuti sebanyak 100 pesera.

Pelatihan wirausaha merupakan bentuk dukungan meningkatkan intensi siswa berwirausaha, sehingga target lulusan SMK yang diharapkan oleh pemerintah dapat terpenuhi.

Mahasiswa juga diberikan ilmu tentang strategi pemasaran melalui pemanfaatan digital marketing, sehingga jangkauan pemasaran produk akan lebih luas dengan memaksimalkan teknologi komunikasi khususnya media sosial.

Selain itu, pelatihan dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan sejak dini bagi siswa dan mengatasi kendala kendala yang mungkin terjadi terkait ide, pengemasan, dan strategi pemasaran.

Ketua Program Studi Perhotelan Anggun Sari Sasmita memaparkan siswa diajarkan untuk mencari ide produk dari beberapa sumber seperti hobi, keahlian,keterampilan, pengalaman kerja, kesuksesan ataupun kegagalan bisnis orang lain serta hasil pengamatan.

" Ide yang ditawarkan diantaranya ada produk menjelang hari raya serta bagaimana mencari peluang konsep bisnis mulai pemilihan kemasan yang sesuai dengan produk yang akan di jual,harga hingga prinsip kesehatan dan dituangkan dalam penyusunan Lean Canvas,"paparnya.

Siswa juga diperkenalkan dengan business plan sederhana seperti Lean Canvas di mana siswa diajarkan cara menggali ide bisnis berdasarkan masalah yang dihadapi masyarakat, strategi pemasaran yang tepat, unique value proposition, unfair advantage, hingga struktur biaya dan aliran penerimaan (revenue) yang mungkin didapatkan.

Tak hanya itu saja, prodi Perhotelan juga membawa contoh produk kearifan lokal seperti dangke cheese stick, sorgum chocomons, cookies biji nangka yg merupakan hasil penelitian mahasiswa.

Berbagai hal menarik juga menjadi ketertarikan menjadi wirausaha pemula dengan ide produk sekitar, jenis kemasan yang murah dengan desain menarik serta membuka pikiran siswa siswi tentang konsep marketing "maju selangkah, mulai aja dulu".

Anggun mengucapkan rasa terima kasih telah diberikan kesempatan mengadakan workshop student preneur di SMKN 8 Makassar.

" Terima kasih untuk SMK 8, ke depannya kami berharap event ini bisa lebih rutin dan berkelanjutan serta menjalin kerjasama di bidang lainnya seperti kolaborasi penelitian sesuai kompetensi, kolaborasi penulisan buku referensi hingga kegiatan pengajaran menjadi guru tamu,"pungkasnya.