Siap Hadapi Dunia Industri, Teknik Listrik Polibos Gelar Pelatihan PLC

Guna membekali siswa pada bidang otomasi industri, Program Studi Teknik Listrik Politeknik Bosowa menggelar pelatihan Programmable Logic Controller (PLC), Rabu (23/3/22).

Pelatihan tersebut diselenggarakan di laboratorium listrik SMKN 1 Pinrang dengan peserta pelatihan sebanyak 20 orang siswa di dampingi oleh 2 orang guru.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 sesi yakni presentasi perkenalan PLC serta praktek oleh siswa.

Tak hanya itu saja, gelaran tersebut bertujuan agar siswa SMKN 1 Pinrang dapat meningkatkan kemampuan dalam menggunakan PLC sehingga lebih siap untuk memasuki dunia kerja.

Pelatihan PLC merupakan pelatihan merancang sistem otomatis seperti menyalakan dan memadamkan lampu secara otomatis.

Siswa juga diperkenalkan dengan PLC berupa smart relay serta cara membuat ladder diagram sebagai programnya yang dilanjutkan sesuai dengan kasus yang diberikan.

Ketua Program Studi Teknik Listrik Umar Muhammad S.T ,M.T memaparkan Pelatihan di SMK merupakan kegiatan rutin Program Studi Teknik Listrik yang dilakukan 2 kali dalam setahun.

" Pelatihan ini bermula dari perbincangan dengan Ketua Jurusan Teknik Listrik SMKN 1 Pinrang saat berkunjung ke Kampus Politeknik Bosowa dan kami sangat senang melihat antusiasme siswa-siswa dalam mengikuti pelatihan ini, sebab sebagian siswa merasa ini adalah hal baru yang mereka pelajari," papar Umar.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Jurusan Teknik Listrik SMKN 1 Pinrang H. Alimuddin S.PD, M.Pd menghaturkan terima kasihnya atas pelatihan yang telah diberikan.

" Alhamdulillah kami sangat bersyukur, dengan kehadiran bapak ibu dari Prodi Teknik Listrik untuk memberikan pelatihan kepada siswa kami, semoga tahun depan bisa diadakan lagi," haturnya.

Akhir sesi pelatihan, salah satu mahasiswa semester 3 Wahyu Arnas mendemostrasikan tugas project dari mata kuliah interface dan SCADA berupa sistem kontrol peralatan listrik  berbasis IoT dengan aplikasi blynk dan ESP 32.