Tengok Kuliah Tatap Muka, Politeknik Bosowa Lakukan Praktikum Simulasi CNC

Untuk memperkuat potensi mahasiswa, Politeknik Bosowa (Polibos) melakukan perkuliahan tatap muka khususnya kelas praktikum yang menjadi prioritas.

Mahasiswa Program Studi Perawatan dan Perbaikan Mesin serta Teknik Mekatronika melaksanakan praktikum Computer Numerically Controlled  (CNC), merupakan mesin perkakas yang dilengkapi dengan sistem mekanik dan kontrol berbasis komputer yang mampu membaca instruksi kode N, G, F, T, dan lain-lain. 

Muh. Fachrul, S.ST selaku dosen pengajar, memaparkan bahwa pada Praktikum CNC kali ini mahasiswa terlebih dahulu dikenalkan perangkat lunak NSIT CNC Simulator yang dapat digunakan untuk merancang dan melakukan uji coba proses CNC.

" Program Simulasi biasanya digunakan dalam proses pembelajaran, alat bantu berupa perangkat lunak komputer dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran. Selain itu program simulasi memungkinkan peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar," paparnya Rabu (3/11/21).

Lebih lanjut, pembelajaran dalam hal teknologi pemrosesan numerik, hasil implementasi berupa kode CNC, debugging, penambahan penulisan dalam suatu kode program, dan simulasi gerakan pemotongan alat potong tidak hanya dapat membantu pengajar dalam mengajar secara efektif tetapi juga meningkatkan kemampuan teknis dan motivasi belajar mahasiswa.

" Proses dimulai dari mendesain sampai menghasilkan benda kerja dapat dilakukan menggunakan software simulasi CNC yang tepat, baik software yang berdiri sendiri untuk keseluruhan proses maupun kombinasi berbagai kombinasi software sehingga proses permesinan CNC dapat dilakukan menggunakan perangkat komputer," pungkasnya.

Diketahui secara umum cara kerja mesin perkakas CNC tidak berbeda dengan mesin perkakas konvensional.

Fungsi CNC lebih banyak menggantikan pekerjaan operator dalam mesin perkakas konvensional, seperti pekerjaan setting tool atau mengatur gerakan pahat sampai pada posisi siap memotong, gerakan pemotongan dan gerakan kembali keposisi awal.

Tak hanya itu saja, CNC juga memiliki fungsi pengaturan yang lain seperti penggantian pahat, pengubahan transmisi daya (jumlah putaran poros utama), dan arah putaran poros utama, pengekleman, pengaturan cairan pendingin dan sebagainya.