13 Sekolah Meriahkan LKS di Poltekbos, Suasana Lomba Makin Menantan

Humas - Program studi Teknik Listrik Politeknik Bosowa (Poltekbos) menggelar Lomba Kompetensi Siswa (LKS) bidang Instalasi Kelistrikan tahun 2024, di Workshop Poltekbos,Selasa(7/5/24).

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari yang diikuti sebanyak 13 sekolah dari wilayah Sulawesi Selatan meliputi   smkn 3 soppeng, smkn 3 pangkep,smkn 5 barru, smkn 2 parepare, smkn 6 takalar, smk kristen harapan rantepao, smkn 4 enrekang,smkn 4 jeneponto, smkn 2 luwu utara, smk laniang makassar, smkn 3 pinrang , smkn 9 bulukumba, smkn 2 palopo.

LKS merupakan sarana untuk menguji kompetensi siswa dalam bidang instalasi listrik, dan juga sebagai ajang seleksi untuk mencari perwakilan sulawesi selatan ke kancah LKS Nasional.


Peserta dituntut untuk bersaing dengan durasi waktu yang ketat dalam menyelesaikan instalasi listrik dan panelnya.

Mereka ditantang untuk menunjukkan keahlian dan keterampilan  dalam merencanakan, memasang, dan menguji sistem instalasi listrik yang efisien dan aman.

Pelaksanaan lomba dibagi menjadi 3 sesi, pertama menjawab soal kasus, dari narasi menjadi gambar instalasi, kedua merangkai komponen-komponen sesuai dengan gambar rancangan dan terakhir penilaian hasil rangkaian oleh juri.

Lomba ini juga akan melibatkan penilaian dari  dewan juri yang berpengalaman di bidangnya.

Penilaian dilakukan berdasarkan kualitas pekerjaan, standar keselamatan, pemahaman terhadap tata cara pemasangan yang benar, dan kemampuan troubleshooting.

Ketua Panitia LKS, Muhammad Ulil Amri menuturkan pemenang akan diumumkan pada akhir acara.

" Kita akan umumkan pemenang lomba sekaligus penutupan di hari terakhir, semoga dengan kegiatan ini dapat menjadi wadah yang produktif dalam mengasah keterampilan dan meningkatkan pengetahuan di bidang electrical instalasi.,"pungkasnya.