Alumni Perpajakan Poltekbos, Berikan Tips Upaya Penerapan Pajak di Indonesia

Politeknik Bosowa (Poltekbos) mendatangkan salah satu seorang alumni Prodi Perpajakan yang saat ini tengah bekerja sebagai Staff Perpajakan Freelance (Konsultan Pajak), dalam Podcast Education Talk,Rabu(14/6/23).

Podcast bertajuk bagaimana kondisi pajak di Indonesia saat ini.

Pajak merupakan pungutan wajib dari rakyat untuk negara.

Setiap sen uang pajak yang dibayarkan rakyat akan masuk dalam pos pendapatan negara dari sektor pajak.

Penggunaannya untuk membiayai belanja pemerintah pusat maupun daerah demi kesejahteraan masyarakat.

Konsultan pajak,  Mora Syahroni menjelaskan bagaimana peran dan kondisi pajak di Indonesia saat ini.
 

" Saat ini, pajak masih menjadi tulang punggung pendapatan Indonesia hampir 90%, dan fungsi pajak seperti fungsi pemerataan, fungsi regulasi masih sangat dibutuhkan dan perannya masih sangat besar," ucapnya dengan jelas.

Tak hanya itu saja, beberapa upaya perlu dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan wajib pajak.

Salah satu upaya ialah memberikan pelayanan yang baik, peningkatan kualitas dan kuantitas diharapkan dapat meningkatkan kepuasan kepada wajib pajak sebagai pelanggan sehingga meningkatkan kepatuhan dalam bidang perpajakan.


Lebih lanjut, ia juga menjelaskan tentang peran penting dari perpajakan khususnya di Kota Makassar.

Fungsi perpajakan juga salah satunya fungsi pemerataan ke daerah,sehingga solusi yang ditawarkan untuk meningkatkan kesadaran warga negara dalam membayar pajak ialah melaksanakan program pelayanan yang baik kepada wajib pajak.

Membuat prosedur yang sederhana dan memudahkan wajib pajak dalam proses membayar pajak, menciptakan program pemantauan kepatuhan dan verifikasi yang efektif, serta pemantapan law enforcement secara tegas dan adil.


"Kalau di Makassar menurut saya sudah merasakan dampak dari adanya pajak mulai dari infrastruktur, contohnya, tol layang dan dana pendidikan gratis itu semua hasil dari perpajakan, dan itu semua dampak positif dari adanya pajak," jelasnya.