Berikan Solusi Bagi Pelanggan PLN, Prodi Teknik Listrik Gelar Kuliah Umum

Program Studi Teknik Listrik Politeknik Bosowa gelar kuliah tamu bertajuk Dampak Ketidakseimbangan Beban dan Solusi Bagi Pelanggan listrik  3 Phasa, yang digelar di Aula Kampus. Kamis (2/6/22).

Kuliah tamu ini menghadirkan pemateri dari salah satu instansi Pusat Listrik Negara (PLN) Sul Sandy, ia memaparkan mengenai sistem 3 phasa tidak seimbang merupakan keadaan dimana salah satu atau kedua syarat keseimbangan tidak terpenuhi.

" Keseimbangan listrik terjadi karena tidak terpenuhinya phasa 120 derajat, sehingga upaya yang dilakukan PLN sendiri ialah melakukan penyeimbangan beban, pemeliharaan JTR, siap transfomator hingga perbaikan pertanahan trafo dan JTR," paparnya.

Tak hanya itu saja, dirinya menambahkan jika pelanggan juga bisa membantu upaya memasang relay atau alat proteksi pengecekan berkala agar berjalan dengan baik.

Lebih lanjut, kegiatan ini menjadi salah satu hal yang wajib bagi mahasiswa Teknik Listrik, sebab terselenggaranya kuliah tamu dapat menambah wawasan terhadap sistem tenaga listrik.

Suksesnya acara tersebut, tidak terlepas dari pemandu acara yang dimoderatori oleh Dosen Teknik Listrik Fatmawati Aziz M.T.

Kuliah umum ini mendapat respon yang baik dari para peserta, terlihat mahasiswa begitu antusias berdiskusi hingga akhir acara.

Akhir sesi kegiatan Prodi Teknik Listrik memberikan piagam sertifikat dan cinderamata.