Bersaing Secara Nasional, Dosen Poltekbos Lolos Seleksi Reviewer Nasional PKM 2024

Salah seorang Dosen Politeknik Bosowa (Poltekbos)  Nila Sartika Achmadi berhasil lolos sebagai reviewer Nasional Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi tahun 2024, Rabu(20/3/24).

 

Reviewer nasional berfungsi menilai PKM mahasiswa khususnya di bidang vokasi untuk memilih mana yang lolos dan tidak lolos pendanaan. 

 

Reviewer juga diminta untuk memberikan feedback terkait proposal mahasiswa untuk jadi pembelajaran kedepan.

 

Nila mengungkapkan rasa bangga dan terhormat bisa terpilih dan berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

 

" Alhamdulillah bahagia ya, karena dari total 222 peserta yg ikut Training of Trainers (ToT) se Indonesia, hanya 81 yg dinyatakan lolos sebagai reviewer dan saya salah satunya. Saya juga menjadi salah satu dari 2 dosen perguruan tinggi vokasi swasta se Indonesia yang lolos sebagai reviewer. Hal ini menunjukkan bahwa kita sebagai kampus swasta memiliki SDM yang dapat bersaing secara nasional,"ungkapnya.

 

Sebelumnya, ada 2 jenis tes yang dijalani yakni pilihan ganda dan simulasi penilaian yang dilakukan setelah ToT.

 

Tak sampai disitu, kegiatan ini merupakan pertama kalinya Nila mengikuti seleksi Reviewer.

 

Berbagai persiapan tentu saja dilakukan, salah satunya membaca pedoman PKM.

 

Seleksi ini juga diadakan untuk pembina PKM yang pernah meloloskan mahasiswa bimbingannya dalam PKM beberapa tahun terakhir.

 

Keterlibatan langsung dosen Poltekbos sebagai reviewer dalam program ini menjadi ajang  mendapatkan informasi terupdate tentang PKM yang nantinya dapat dibagikan kepada mahasiswa.

 

Ditemui secara terpisah, Direktur Poltekbos Alang Sunding mengungkapkan rasa bangganya dengan prestasi yang sudah dicapai oleh para dosen.

 

" Saya sangat bangga sekali dengan prestasi yang sudah diraih oleh dosen-dosen kita, juga mahasiswa kita yang sudah go nasional, harapannya ke depan lebih banyak lagi dosen dan mahasiswa kita ikut berperan aktif dalam setiap kegiatan,"pungkasnya.