Bertandang Ke PLTS Pangkep, Poltekbos Dorong Mahasiswa Miliki Minat Kelistrikan

Program Studi Teknik Listrik Politeknik Bosowa (Poltekbos) bertandang ke Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pangkep, Rabu(15/3/23).

Kunjungan ini merupakan kegiatan rutin dari setiap program studi.

Mahasiswa diberikan pengalaman langsung tentang dunia kerja yang sebenarnya pada lingkungan dunia industri.

Sekaligus memberikan informasi tentang ketenagakerjaan yang akan bermanfaat pada saat setelah mahasiswa dinyatakan lulus.

Di kunjungan ini, mahasiswa menyaksikan secara langsung proses produksi listrik maupun komponen penyusun PLTS.

Panel surya dipasang langsung diatas tanah menggunakan rangka besi galvanis dengan titik terendah 1 meter dan kemiringan 15 derajat menghadap Utara.

PLTS ini dibangun diatas lahan seluas dua hektar.

Ketua Program Studi Teknik Listrik, Umar Muhammad memaparkan dunia kerja bagi lulusan teknik bukan lah terbatas pada hal-hal yang teoritis melainkan dunia implementasi dan praktik keahlian.

" Melalui kunjungan industri ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengetahui diagnosis peralatan tegangan tinggi di dunia kerja dengan ilmu yang diperoleh selama kuliah,"papar Umar.

Kegiatan ini, diharapkan dapat mendorong mahasiswa agar memiliki minat dan keahlian untuk bekerja di perusahaan yang terkait dengan ketenagalistrikan.

Dosen Teknik Listrik, Fatmawati Aziz mengatakan kunjungan industri ini, dapat melengkapi pengetahuan teori yang didapatkan mahasiswa dari perkuliahan di kelas.

" Dengan begitu, tentunya kampus bisa mencetak para Sarjana Teknik Listrik yang handal dan berkompeten,"pungkasnya.

Outdoor education ini dapat mengembangkan kurikulum pendidikan tentang pemanfaatan energi sebagai sumber tenaga listrik.

Serta menjadi referensi pembangunan laboratorium lapangan sistem pembangkit PLTS khususnya bagi Prodi Teknik Listrik Poltekbos.