Gelar Pengabdian Masyarakat, Prodi Perhotelan Polibos Bantu Tingkatkan Usaha KWT Az Zahra

Program Studi Perhotelan Politeknik Bosowa (Polibos) menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat di salah satu kebun Kantor pengurus Kelompok Wanita Tani (KWT)  Az Zahra, Jalan Kapasa Raya Makassar.

Civitas Akademika Polibos  tidak hanya berkutat memberikan kuliah saja, melainkan banyak diantaranya melakukan aktivitas luar kampus yakni pengabdian kepada masyarakat tiap semesternya.

Tujuannya untuk untuk membantu masyarakat di beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun.

Secara umum program ini dirancang guna memberikan kontribusi nyata, khususnya dalam mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan yang merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat mengusung tema Strategi Adaptasi Wirausaha 4.0 yang diikuti sebanyak 20 orang serta dosen dan mahasiswi Prodi Perhotelan.

Ketua Program Studi Perhotelan Dewi Andriani memaparkan pengabdian masyarakat ini sebagai upaya peningkatan usaha Kelompok Wanita Tani Az-Zahra dengan mendemokan beberapa produk.

" Selama kegiatan kami melakukan diskusi bahwa KWT Az Zahra memiliki kesulitan dalam memasarkan di luar wilayah tempat tinggal. Akhirnya kami berikan beberapa solusi, seperti memasarkan melalui WA group dan memanfaatkan berbagai lini media sosial lainnya," ujar Dewi, Rabu (23/2/22).

Dewi juga memberikan penjelasan mengenai bagaimana sebuah usaha melakukan segmentasi dan targeting pasar yang tepat, sehingga tidak menyasar melainkan tepat sasaran.

Selanjutnya, peserta diajarkan mengenai cara pengolahan produk pertanian yang dihasilkan menjadi produk dengan nilai ekonomi lebih tinggi.

Materi ini dibawakan langsung dosen Prodi Perhotelan bidang kuliner, yaitu Riska Veronika dan St Hadijah.

Keduanya melakukan demo produk yakni Sorghum Pie, Vege Choux, Green Vege Stick, serta Healthy Burger dan diakhiri dengan tutorial vegetable carving oleh Aqida Safitri Ardi alumni Prodi Perhotelan.

Demikian, kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat diakhiri dengan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) yang menjadi dasar bagi Prodi Perhotelan dan KWT Az-Zahra untuk terus bekerja sama di masa yang akan datang.