Jadikan Kekuatan Perguruan Tinggi Vokasi, Poltekbos Terapkan PJBL

Politeknik Bosowa (Poltekbos) menggelar Sharing Session terkait penerapan metode pembelajaran Project Based Learning (PJBL) di Aula Poltekbos, Kamis(23/2/23).

Sharing Session bertajuk Implementasi Project Based Learning pada Pendidikan Tinggi Vokasi di dalam dan di luar Negeri.

PJBL merupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai sarana pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dicapai.

Mahasiswa akan melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar.

Selain itu,  metode ini menuntut mahasiswa aktif melakukan investigasi dan pendalaman terhadap topik yang ingin mereka ketahui.

Tak hanya itu saja, Poltekbos akan mulai menerapkan PJBL di semester ganjil pada tahun ajaran 2023/2024.

Menurut salah satu pemateri, Muh Edy Hidayat ,S. ST.,M.Tr.T.memaparkan Poltekbos merupakan salah satu pendidikan tinggi vokasi berbasis industri yang sangat tepat dalam menerapkan PJBL.

" PJBL akan memberikan gambaran proyek nyata kepada mahasiswa serta akan membantu meningkatkan skill serta kemampuan mahasiswa dalam berkarya,"paparnya.

Hal ini tentunya, sangat efektif terlebih sebagai perguruan tinggi yang menitikberatkan pembelajaran pada kegiatan praktik.

Pemateri selanjutnya, Ir. Muhammad Nur, s. Kom., M. T., IPP turut menuturkan jika pengajar perlu mendorong mahasiswanya agar mampu secara konstruktif melakukan pendalaman pembelajaran dengan pendekatan berbasis riset terhadap permasalahan yang ada.

" Mahasiswa akan dilatih membuat pertanyaan yang berbobot, nyata, dan relevan serta mencoba mencari jawaban dengan bimbingan dosen," tuturnya,