Jajaki Peluang Kerja Bersama Mitra, Tim Poltekbos Lakukan Praktik Baik Magang

Politeknik Bosowa (Poltekbos) tingkatkan Kemitraan melalui Praktik Baik Magang Kemitraan di Politeknik Negeri Bali (PNB).Jumat(11/10/24).

 Kegiatan dilakukan selama dua minggu mulai 30 September - 11 Oktober 2024.

Tim optimasi kemitraan PoliteknikBosowa (Poltekbos), terdiri dari Wakil Direktur Bidang Sumber Daya Akademik dan Kemitraan, Dewi Andriani, S.ST.Par., M.Par., serta Kepala dan Anggota Pusat Pengembangan Karir dan Kerja Sama (P2K2) Nila Sartika Achmadi,S.M.B., M.M., dan Veronika Sari Denka, S.ST., M.Ak.

Magang kemitraan ini merupakan bagian dari kegiatan Optimasi Kemitraan Perguruan Tinggi Vokasi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), yang didanai oleh Mitras DUDI total hibah sebesar 350 juta rupiah.

Selama magang, tim Poltekbos mempelajari proses pengelolaan kemitraan secara umum di Unit Kerja Sama PNB dan mengikuti berbagai workshop.

Workshop tersebut mengangkat tema Tata Kelola Kemitraan, Pengelolaan Sumber Daya Kemitraan, Evaluasi dan Monitoring Kemitraan, serta Penyusunan Rencana Aksi Kemitraan.

Berbagai sesi berbagi juga digelar, termasuk Program Studi Perhotelan yang telah mengembangkan magang internasional di Jepang dan program double degree dengan perguruan tinggi di Tiongkok.

Tak hanya itu, tim Poltekbos didampingi oleh tim PNB dalam menjajaki peluang kerja sama dengan berbagai mitra, seperti CV Mesari Consulting, CV IBS Consulting, serta penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) dan PKS (Perjanjian Kerja Sama) dengan The ONE Legian Hotel dan Hotel The 101 Bali Fontana Seminyak. 

Melalui berbagai kegiatan yang dilakukan selama praktik baik magang kemitraan ini, diharapkan Poltekbos dapat meningkatkan kualitas kemitraannya di masa yang akan datang. 

Ketua P2K2 Poltekbos,Nila S. Achmadi mengungkapkan, Poltekbos sebagai Perguruan Tinggi Vokasi Sasaran (Pertivsas) telah belajar banyak dari PNB selaku Perguruan Tinggi Vokasi Sumber (Pertivsum). 

" Proses belajar ini telah menghasilkan praktik baik kemitraan, berbagai Letter of Intent dari industri,hingga MoU dan PKS. Setelah kembali ke Poltekbos, ilmu yang diperoleh dapat langsung di implementasikan dalam sistem kerja sama dan kemitraan kampus"pungkasnya.