Kobarkan Semangat Intelektual, Hari Kedua Potensial Penuh Materi Inovatif

 Masih dalam suasana gelaran Potensial, Politeknik Bosowa (Poltekbos) rangkaikan berbagai pemberian materi di aula Poltekbos, Selasa(5/9/23).

Diawali dengan pemberian materi oleh civitas akademik Fauziah dan Eko Febri Sugiarto, yang membawakan materi mengenai Pengembangan Karakter Intelektual.

Narasumber pertama menjelaskan seberapa penting kecerdasan intelektual saat ini.

Perkembangan intelektual merupakan proses atau tahapan pertumbuhan yang dimiliki oleh seseorang ke arah lebih maju untuk memiliki ilmu pengetahuan, kecerdasan dan kemampuan dalam berfikir.

Fauziah memaparkan perkembangan intelektual dapat mencakup beberapa responsif.

" Perkembangan intelektual di dunia pendidikan, bagaimana mahasiswa belajar, berpikir, berinteraksi, dan merespons secara emosional terhadap orang-orang di sekitar mereka seperti cara mereka berteman, memahami emosi, temperamen, dan mengembangkan keterampilan mereka sendiri,"paparnya.

Tak hanya itu saja, kecerdasan intelektual memiliki peran untuk  menghasilkan pola pikir yang berdasarkan logika, tepat, akurat, dan dapat dipercaya.

Orang dengan kecerdasan ini akan mampu memiliki analisis yang tajam dan memiliki kemampuan untuk menyusun strategi yang baik.

Lebih Lanjut, narasumber kedua Eko Febri Sugiarto, menjelaskan faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan intelektual.

"Faktor yang mempengaruhi itu semua diantaranya, gen, gizi, kematangan, pembentukan, kebebasan psikologi, serta usia," jelasnya.

Sedangkan, faktor dari luar yaitu lingkungan.

" Jadi, tidak hanya faktor gen, tetapi juga faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi tingkat intelektual seseorang,"tambahnya.

Di sisi lain, pemberian materi karakter intelektual ini memberi banyak respon positif dari seluruh peserta Potensial 2023.

"Banyak pembelajaran yang bisa didapatkan dari materi yang kami dapatkan dan semoga nanti bisa di aplikasikan di kehidupan sehari hari," tutup salah satu mahasiswa baru.