Lakukan Pelatihan dan Studi Banding di TAFE Queensland, Dosen Politeknik Bosowa Siap Kembangkan Kons

Salah satu Dosen Teknik Mekatronika Politeknik Bosowa (Poltekbos) Muhammad Edy Hidayat lakukan Pelatihan dan Studi Banding di Technical and Further Education (TAFE) Queensland Australia, Jumat(8/3/24).

 

TAFE Queensland adalah penyedia pendidikan dan pelatihan kejuruan milik pemerintah Australia.

 

Lembaga TAFE memberikan pelatihan praktis yang berkualitas di bidang industri, perdagangan dan jasa.

 

Kegiatan ini bertujuan bagaimana menyiapkan kesiapan digitalisasi pendidikan vokasi di negara-negara Asia Tenggara, baik di sektor pemerintahan maupun sektor swasta.

 

Selama kegiatan pelatihan di TAFE, peserta mempelajari bagaimana melakukan sinkronisasi pelatihan dan pendidikan vokasi secara digital melalui inovasi-inovasi Learning Management System dan rekognisi lintas institusi.

 

Sehingga peserta pendidikan vokasi di TAFE dapat dengan mudah mengakses materi pembelajaran yang ada di dalam sistem LMS yang secara resmi diakui sebagai kredit pembelajaran untuk kelulusan.

 

Menurut Edy, hal terpenting yang perlu dilakukan dalam mempersiapkan Poltekbos menjadi kampus berskala global dengan penyediaan pendidikan vokasi berkualitas tinggi adalah segera menyiapkan dan memastikan kesiapan sistem LMS dan Online Education Resources (OER) di lingkungan kampus.

 

Sehingga dapat diakses oleh seluruh komunitas akademik secara global, namun yang lebih penting dari semuanya adalah bagaimana menyiapkan sumber daya manusia dosen dan staf yang siap untuk menyediakan konten pembelajaran menarik.

 

" Saya akan mencoba untuk meningkatkan penggunaan LMS ataupun OER di dalam kelas saya dan di lingkup Poltekbos sehingga sistem pembelajaran dapat setara dengan apa yang dilakukan secara global, khususnya di Australia." paparnya.

 

Tak hanya itu saja, beberapa poin khusus yang kelak akan diterapkan meliputi sistem evaluasi pengukuran nilai kredit secara daring, sistem pembelajaran dan tutorial daring, paperless, tugas-tugas dikumpulkan melalui sistem cloud serta menyusun konten video untuk pengajaran daring.

 

Edy juga berbagi sedikit pengalaman seru dan menarik selama melakukan studi banding, ia dibawa untuk berkeliling melihat fasilitas TAFE yang ada di Queensland serta mempelajari metode pelaksanaan pendidikan vokasi secara digital di TAFE Queensland.

 

" Sangat menginspirasi, komunikasi dan interaksi antar peserta dan fasilitator yang berasal dari berbagai negara di regional Asia Tenggara semakin membuka cakrawala dan wawasan kami satu sama lain tentang bagaimana kami dapat meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di negara kami masing-masing, para fasilitator kegiatan juga aktif memberikan ide dan saran kepada kami sebagai bekal kami untuk mengembangkan pendidikan vokasi di institusi kami masing-masing,"pungkasnya.