Mahasiswa Polibos Prodi Perhotelan Tingkatkan Profesionalitas di Industri Hospitality

Program Studi Perhotelan menjadi daya tarik sebab industri perhotelan yang terus bertumbuh dan berkembang setiap tahunnya. 

Hal ini tentu memberikan kesempatan kerja setelah lulus nantinya, seperti Mahasiswa Politeknik Bosowa (Polibos) batch 7 telah menyelesaikan Program Praktik Industri (PPI) periode 1 di beberapa hotel berbintang di kawasan Indonesia Timur.

Program tersebut bermitra dengan sejumlah Industri Hospitality seperti, Hotel Gammara, Hotel Four Points by Sheraton, Hotel Fox Lite Royal dan Hotel Dalton, Hotel Grand Sahid Bela Ternate.

PPI merupakan bagian penting dari pendidikan vokasi, terutama di Program Studi Perhotelan yang dilaksanakan selama 2  semester tahun akademik.

Selama melaksanakan PPI, mahasiswa menjadi tanggung jawab hotel dalam pencapaian kompetensi, namun tidak terlepas dari pantauan dosen begitu saja.

Ketua Program Studi Perhotelan Dewi Andriani, S.ST.Par., M.Par mengatakan PPI menjadi kegiatan rutin kampus merdeka yang mendorong mahasiswa lebih siap untuk terjun ke dunia kerja.

"Kegiatan magang ini menjadi praktik kerja bagi mahasiswa untuk semakin mengasah kemampuan soft skills dan hard skills sehingga ketika lulus nanti mereka akan memiliki networking dan bisa berkompetisi di tingkat global untuk menentukan karir ke depannya," ujarnya Jumat (17/9/21).

Menurutnya, hal ini telah dilakukan dan terorganisasi dengan baik melalui komisi PPI Kampus Merdeka, mahasiswa  difasilitasi dengan baik sesuai passion masing-masing.

"Sangat penting bagi mahasiswa agar mereka  dapat mengimplementasikan kompetensi yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang telah diterima selama masa perkuliahan," tuturnya.

Lebih lanjut, PPI  Perhotelan dilakukan di dalam dan luar negeri. Khusus masa pandemi Covid-19 akses PPI Luar Negeri masih tertutup 

Saat PPI di luar negeri, mahasiswa memperoleh fasilitas apartemen yang dilengkapi kolam renang, gym, home theatre, dan berbagai fasillitas lainnya. 

Hal yang paling menarik dari PPI mahasiswa Perhotelan adalah, setiap bulan mereka akan memperoleh gaji dari hotel di luar negeri yang menjadi tempat mereka magang.