Mengulik Pengalaman Jadi Moderator KANWIL DJP SULSELBARTRA, Salma Bahas Tugas dan Peran Relawan Paja

Mahasiswa Program Studi Perpajakan Politeknik Bosowa (Poltekbos)  Salma Fitri Ramdhani sekaligus relawan pajak di Tax Center, terpilih menjadi Moderator Kanwil DJP SulSelBarTra, Rabu(21/6/23).

Selama menjadi moderator, Salma membahas seperti apa tugas dan peran dari relawan pajak itu sendiri.

"Relawan pajak adalah seorang yang telah ditunjuk oleh kanwil DJP untuk membantu wajib pajak dan salah satunya untuk melaporkan SPT tahunannya," ujar Salma.

Diketahui sebelum menjadi moderator, Salma melewati beberapa tes.

Menurutnya, tugas relawan pajak untuk membantu Wajib Pajak dalam rangka memenuhi kewajiban perpajakannya.

Seperti melaporkan SPT Tahunan dengan memberikan asistensi (bimbingan) dalam pengisian yang menggunakan e-Filing dan e-SPT untuk Wajib Pajak Orang Pribadi yang mempunyai penghasilan dari pemberi kerja.

Salma mengungkapkan jika dirinya diberi kesempatan langsung oleh Kanwil DJP SulSelBarTra untuk jadi moderator di Instagram Live Kanwil DJP.

" Saya melalui banyak tahapan proses sebelum terpilih, sebelumnya sudah banyak pengalaman untuk jadi moderator atau MC di kegiatan kampus sendiri, dan saat itu saya merasa tertantang dan ingin mengetahui bagaimana rasanya menjadi moderator di luar kampus dan saya ingin menambah pengalaman lagi," ucapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan mengenai pajak yang merupakan penerimaan terbesar negara sekarang menjadi salah satu titik yang perlu diberi fokus lebih tinggi, sehingga fiskus selaku pengelolanya pun juga akan memiliki peranan yang penting.

Selain itu perlu juga dipahami bahwa DJP melakukan fungsi lebih dari sekedar pelayanan pajak saja, dikarenakan dalam struktur organisasinya setiap tingkatan akan memiliki rincian fungsi yang berbeda pula.