Polibos - DJP Sulselbartra Resmi Tutup Pelatihan Relawan Pajak

Kegiatan Pelatihan Relawan Pajak 2022 Politeknik Bosowa (Polibos) resmi ditutup oleh Kepala Bidang P2 Humas Kanwil DJP Sulselbartra Eko Pandoyo Wisnu Bawono, Rabu (2/2/22).

Relawan Pajak diikuti 117 mahasiswa dari 17 organisasi mitra serta 13 non mahasiswa akademisi, akuntan hingga profesional lainnya.

Kepala Bidang P2 Humas Kanwil DJP Sulselbartra Eko Pandoyo Wisnu Bawono menghaturkan terima kasih kepada seluruh partisipan relawan pajak.

“ Saya berterima kasih kepada seluruh yang tergabung dalam Tax Center dan tokoh masyarakat yang menjalani kegiatan ini, kalian menjadi gerbang pertama dalam mengenal pajak yang akan membantu masyarakat dalam memahami serta memenuhi kewajibannya sebagai wajib pajak,” haturnya.

Tak hanya itu saja, para mahasiswa yang menjadi relawan pajak diharapkan dapat menjadikan tugas ini sebagai arena pembelajaran untuk menghadapi dunia kerja dalam melayani masyarakat.

Khusus masyarakat, Eko memberikan apresiasi sebab mampu meningkatkan kesadaran dan kepatuhan para wajib pajak serta membina hubungan komunikasi yang baik.

Saat ini relawan yang dikukuhkan sebanyak 110 mahasiswa dan 10 non-mahasiswa akan ditempatkan di wilayah kantor pelayanan pajak sesuai domisili dan tax center Perguruan tinggi masing-masing.
 
5 orang mahasiswa Polibos diberikan penempatan di KPP Pratama Makassar Selatan , 1 orang mahasiswa Polibos penempatan di KPP Pratama Makassar Barat, 7 orang mahasiswa Polibos penempatan di Tax Center Politeknik Bosowa, 4 orang dosen Politeknik Bosowa, serta Relawan Pajak Non-Mahasiswa akan melaksanakan asistensi pengisian SPT Tahunan di lingkungan sekitarnya.

Mahasiswa Program Studi Perpajakan Politeknik Bosowa, Yusril Mahendra menuturkan jika gelaran tersebut memberikan wadah untuk mengaplikasikan teori yang dipelajari dibangku kuliah sehingga dapat dipraktekkan dan menambah wawasan untuk mahasiswa.

“ Terima kasih panitia pelaksana relawan pajak atas undangan mewakili pengukuhan relawan pajak di gedung kanwil  DJP Sulselbartra serta pihak pelaksana yang telah menyambut saya dengan baik dan apresiasi yang telah memberikan kami pelatihan mulai dari teori maupun praktikum oleh pihak narasumber yang luar biasa, semoga kami relawan pajak dapat memberikan yang terbaik dalam menjalankan asistensi pelaporan orang pribadi sesuai kode etik yang telah kita sepakati bersama" tutur Yusril.

Seperti yang telah diketahui bahwa Relawan Pajak merupakan program yang dibuat untuk mencoba mengajak masyarakat untuk sadar akan pentingnya membayar pajak sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat.

Program yang dilakukan dengan mengajak mahasiswa, civitas akademika dan tokoh masyarakat, untuk bisa menjadi juru bicara pajak serta membantu masyarakat dalam membayar dan melaporkan pajak sesuai ketentuan.