Politeknik Bosowa dan Konsorsium PTV Sultanbatara Bersama MITRASDUDIĀ Gelar Diskusi Terpumpun

 Politeknik Bosowa bersama dengan Konsorsium PTV Sultanbatara (Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara), bergandengan tangan dengan MITRASDUDI menggelar Diskusi Terpumpun bertempat di  Politeknik Negeri Ujung Pandang, Rabu(8/5/24).

Kegiatan bertajuk Indonesia Future of Works.

Acara ini mengundang 90 pihak dari dunia usaha dan industri (DUDI), yang turut menghadirkan Alan Korompitan, Tim Pakar MITRASDUDI, sebagai pemateri dan pembicara utama.

Diskusi terpumpun ini menjadi forum yang sangat dinanti-nantikan oleh para pemangku kepentingan untuk mendiskusikan masa depan tenaga kerja di Indonesia.

 Adanya revolusi industri 4.0 yang telah mengubah lanskap dunia kerja secara signifikan, sangat penting bagi Indonesia untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan-tantangan baru ini.

Sebagai bagian dari upaya ini, Direktorat Mitras DUDI menginisiasi survei Future of Works, yang bertujuan untuk mengidentifikasi tren-tren makro yang berpotensi mempengaruhi kondisi ketenagakerjaan di Indonesia.

Survei ini juga bertujuan untuk memahami potensi skala gangguan dan pertumbuhan pekerjaan di berbagai sektor, serta merumuskan strategi untuk memfasilitasi transisi pekerjaan dan mengidentifikasi keterampilan yang akan menjadi kunci di masa depan.

Alan Korompitan, sebagai salah satu pemateri utama, membahas berbagai aspek penting dari survei tersebut.

 Dalam presentasinya, ia menyoroti perubahan-perubahan besar yang dihadapi oleh pasar tenaga kerja, termasuk peningkatan penggunaan teknologi, transformasi dalam cara kerja, dan pergeseran dalam jenis pekerjaan yang dibutuhkan.

Wakil Direktur 2 Politeknik Bosowa, Isminarti menegaskan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk membuka ruang dialog antara dunia pendidikan dan industri.

 "Melalui diskusi ini, kami dapat memahami lebih dalam tentang kebutuhan nyata dunia usaha dan industri," katanya.

"Hal ini akan membantu kami dalam menyusun kurikulum yang relevan dan program pendukung lainnya agar lulusan kami siap terjun ke dunia kerja dengan keterampilan yang sesuai,"lanjutnya.

Harapan besar terletak pada hasil dari diskusi ini.

Diharapkan bahwa kolaborasi erat antara Politeknik Bosowa, Konsorsium PTV Sultanbatara, dan MITRASDUDI akan menghasilkan strategi-strategi yang efektif dalam menghadapi perubahan-perubahan yang akan datang.

Melalui pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan tenaga kerja masa depan, Indonesia dapat mempersiapkan generasi muda yang siap menghadapi tantangan dan mengambil peluang dalam dunia kerja yang terus berkembang.