Politeknik Bosowa Jajaki Peluang Kemitraan dengan The One Legian Hotel Optimalisasi Kerja Sama DUDI

HUMAS - Politeknik Bosowa (Poltekbos) terus menunjukkan komitmen dalam meningkatkan sinergi antara pendidikan vokasi dan dunia usaha serta dunia industri melalui serangkaian kunjungan strategis.

Tim Poltekbos bertandang ke The One Legian Hotel Bali.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya optimalisasi kemitraan antara Program Tinggi Vokasi dan Dunia Usaha – Dunia Industri (DUDI), yang didanai oleh Direktorat Mitras DUDI, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Kunjungan difokuskan pada penjajakan peluang kolaborasi di berbagai bidang strategis, termasuk pengembangan kurikulum berbasis industri, program magang, rekrutmen mahasiswa dan alumni, serta penelitian terapan yang relevan dengan kebutuhan industri perhotelan dan pariwisata.

Tujuannya adalah untuk menciptakan sinkronisasi antara kebutuhan dunia usaha dengan output pendidikan vokasi, sehingga lulusan Poltekbos siap berdaya saing tinggi di tingkat nasional maupun internasional.

Kegiatan tidak hanya sekadar kunjungan biasa, tetapi juga menjadi bagian dari program jangka panjang Poltekbos dalam mengembangkan ekosistem pendidikan vokasi yang lebih relevan dengan kebutuhan industri.

Dr. Ridwan, S.T., M.Si, selaku Direktur Politeknik Bosowa, menegaskan pentingnya kerja sama ini.

“ Langkah ini merupakan upaya konkret untuk memperkuat kerja sama antara Politeknik Bosowa dengan mitra industri di luar Sulawesi Selatan, Kami berharap kemitraan ini tidak hanya berfokus pada pengembangan kurikulum, tetapi juga pada peningkatan kemampuan mahasiswa melalui magang, riset, serta peluang kerja yang lebih luas,” ungkap Dr. Ridwan.

Kegiatan ini dijembatani oleh Politeknik Negeri Bali yang bertindak sebagai Perguruan Tinggi Vokasi Sumber (PERTIVSUM).

Dalam kapasitasnya sebagai PERTIVSUM, Politeknik Negeri Bali berperan mendampingi Politeknik Bosowa sebagai Perguruan Tinggi Vokasi Sasaran (PERTIVSAS).

Kolaborasi ini bertujuan untuk mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas kemitraan antara PERTIVSAS dan Dunia Usaha – Dunia Industri (DUDI), sekaligus memastikan pelaksanaan program yang selaras dengan standar industri.