Poltekbos dan Politeknik Negeri Bali Bersinergi dalam Workshop Pembuatan Flowchart Quality Planning

HUMAS - Politeknik Bosowa (Poltekbos) kembali menunjukkan komitmennya dalam memperkuat kerja sama dengan Dunia Usaha – Dunia Industri (DUDI) melalui kegiatan Workshop Pembuatan Flowchart Quality Planning Kemitraan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Optimasi Kemitraan Perguruan Tinggi Vokasi dan Dunia Usaha – Dunia Industri (DUDI), yang didanai oleh Direktorat Mitras DUDI, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Workshop ini dilaksanakan di The 101 Bali Fontana Seminyak dengan Politeknik Negeri Bali bertindak sebagai Perguruan Tinggi Vokasi Sumber (PERTIVSUM) dan Politeknik Bosowa sebagai Perguruan Tinggi Vokasi Sasaran (PERTIVSAS).

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari upaya strategis untuk meningkatkan jumlah dan kualitas kemitraan antara perguruan tinggi vokasi dan DUDI di seluruh Indonesia, khususnya dalam penyusunan pedoman kerja sama yang efektif.

Workshop ini dihadiri oleh sejumlah pemangku kepentingan dari Politeknik Bosowa, termasuk Direktur Politeknik Bosowa, Dr. Ridwan, S.T., M.Si., Wakil Direktur 2, Dewi Andriani, S.ST.Par., M.Par., serta kepala dan perwakilan lembaga-lembaga strategis di Politeknik Bosowa.

Selain itu, hadir pula pemateri utama, Ni Nyoman Harini Puspita, S.T., M.Kom., dari Politeknik Negeri Bali, yang membagikan wawasan dan bimbingan tentang teknik pembuatan flowchart quality planning kemitraan.

Dalam presentasinya, Ni Nyoman Harini Puspita menjelaskan pentingnya flowchart dalam mengarahkan proses kerja sama antara perguruan tinggi vokasi dan mitra industri.

Dengan flowchart yang terstruktur, perguruan tinggi dapat memastikan bahwa setiap tahap dalam kemitraan—mulai dari inisiasi, perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi—dilaksanakan sesuai dengan standar dan parameter yang jelas.

Flowchart ini diharapkan menjadi panduan utama bagi Poltekbos dalam menjalin dan mengelola kerja sama yang lebih baik dengan mitra-mitra DUDI di masa mendatang.

Dr. Ridwan, S.T., M.Si., Direktur Politeknik Bosowa, dalam sambutannya di akhir kegiatan, menyampaikan bahwa workshop ini adalah langkah penting untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kemitraan Poltekbos dengan mitra industri.

“ Flowchart quality planning yang kami buat dalam workshop ini akan menjadi acuan strategis bagi Politeknik Bosowa dalam menjalin kerja sama yang lebih efektif dan berkelanjutan dengan mitra DUDI. Ini adalah bagian dari komitmen kami untuk terus berkembang dan memperluas jangkauan kemitraan kami,” pungkasnya.