Poltekbos Expo 2024 Kolaborasi Kemdikbudristek Gandeng Puluhan Sekolah Buat Inovasi

Politeknik Bosowa (Poltekbos) melaksanakan Poltekbos Expo 2024 di Jl Kapasa Raya Makassar, Rabu, 28 Agustus 2024. Kegiatan ini hasil Competitive Fund oleh Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia.

Poltekbos Expo 2024 tahun ini bertema “Collaboration of Works and Innovation” yang memperkenalkan berbagai karya dan inovasi mahasiswa serta menjadi ajang kompetisi dan kolaborasi antar siswa SMA/SMK/sederajat se-Kota Makassar dan sekitarnya.

Direktur Poltekbos, Dr Ridwan, S.T., M.Si. mengatakan ada ratusan siswa dari puluhan sekolah dilibatkan.

“Tercatat ada 16 sekolah yang hadir. Masing-masing mendatangkan puluhan siswa. Jadi totalnya sekitar 200 orang lebih,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, Dr Ridwan juga ingin mengenalkan kepada masyarakat bagaimana keunggulan yang dimiliki Politeknik Bosowa Makassar.

“Politeknik Bosowa menawarkan berbagai program studi unggulan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat. Antara lain Program Studi Perawatan & Perbaikan Mesin, Perhotelan, Perpajakan, Teknik Listrik, dan Teknik Mekatronika,” bebernya.

Ridwan menambahkan, berbagai Booth produk unggulan dari Mahasiswa dan dosen juga dihadirkan. Termasuk melibatkan sejumlah UMKM.

Ia berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan hubungan antara poltekbos dan masyarakat secara luas.

Sementara itu, Rektor Universitas Bosowa (Unibos), Prof Dr Batara Surya, S.T., M.Si mengatakan, Unibos termasuk poltekbos terus mendorong mahasiswanya untuk siap bekerja di bidang industri.

“Poltek termasuk unibos menggiring mahasiswanya untuk siap bekerja. Siap untuk dikirim ke industri. Apalagi kita ini program vokasi,” tuturnya.

Hal itu menurut Batara Surya penting untuk mendekatkan target capaian yang berusaha dipenuhi ke depannya.

“Ini menjadi suatu hal yang penting untuk menyiapkan generasi kita sekarang sehingga ke depan mereka mampu berkompetisi, memiliki kompetensi sehingga mampu bersaing,” pungkasnya.

Ia mengakui, dunia usaha dewasa ini sangat kompetitif. Tenaga kerja asing juga bisa masuk tanpa batas.

“Dengan begitu, kita harus tunjukkan kalau kita bisa berkompetisi dengan mereka. Kita harus memperlihatkan kalau kita juga punya kemampuan,” pungkasnya.

Berbagai kegiatan juga dilaksanakan untuk memeriahkan Poltekbos Expo 2024. Di antaranya Talk show, festival kuliner yang menampilkan ragam kuliner khas daerah, hingga lomba kreatif dan edukatif.