POLTEKBOS Sukses Gelar EISC, Berikan Hadiah Jutaan Rupiah

Program Studi Teknik Listrik Politeknik Bosowa (Poltekbos) sukses menggelar lomba Electrical Instalation Skills Competition (EISC) 2023 bertempat di ruang instalasi Poltekbos,Selasa(20/6/23).

Kompetisi berbasis Kontrol Motor Listrik Konvensional tingkat Nasional untuk siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kegiatan diikuti sebanyak 8 tim yang berasal dari SMK Darussalam, SMK 5 Makassar, SMKN 4 Bantaeng, SMK 3 Soppeng, SMK Kartika XX-I Makassar, SMK Negeri 4 Gowa, SMKN 3 pangkep.

EISC ini bertujuan untuk Merefleksi kembali pemikiran siswa tentang pentingnya pembangunan karakter bangsa dalam menciptakan generasi optimis,berkarakter, inovatif, solutif dan religius bagi NKRI.

Selain itu, memberikan layanan pendidikan dan pengembangan IPTEK bidang Teknik listrik, sekaligus mengembangkan penelitian dan pemanfaatan teknik ketenagalistrikan yang bersesuaian dengan potensi dan budaya daerah secara berkelanjutan.

Kontrol konvensional merupakan kontrol yang mulai menggunakan komponen listrik sebagai otak kontrol.

Komponen listrik yang sering digunakan pada kontrol konvensional adanya kontaktor-kontaktor ataupun relay-relay dan masih banyak menggunakan unsur komponen mekanik lainya.

Menurut Penanggung jawab EISC, Syahrul Mustafa menuturkan lomba terdiri dari 2 sesi, Sesi 1 Mulai pukul 08.00 – 12.00 Wita, Sesi 2 pukul 13.00 –17.00 Wita.

" Peserta merancang gambar dan desain Perancangan Project 60 menit, selanjutnya Project Instalasi tenaga 210 Menit," tuturnya.

Selanjutnya, sistem penilaian selama kompetisi meliputi  5 bagian yakni Keselamatan elektrikal dan personal, analisa pertanyaan dan membuat gambar, penilaian fungsi, pemasangan perlengkapan dan jalur instalasi serta pengaatan dan batasan.

Tak hanya itu saja, berbagai hadiah menarik serta uang tunai senilai jutaan rupiah pun diberikan kepada pemenang EISC ini.

Dalam sesi akhir kegiatan, SMK Negeri 3 Soppeng mendapat juara 1 , SMK Negeri 4 Enrekang juara 2 dan SMK Negeri 3 Pangkep juara 3 dilanjutkan dengan foto bersama.