Praktik Bersama Praktisi, Prodi Teknik Listrik Siapkan Mahasiswa Kreatif dan Terampil

Program studi Teknik Listrik Politeknik Bosowa (Poltekbos) kedatangan salah satu praktisi yang akan mengisi materi pembelajaran praktikum instalasi listrik di kampus Poltekbos, Rabu(15/5/24).

Kegiatan ini salah satu bagian dari program praktisi mengajar dari kemendikbud ristek.

Pengajar merupakan praktisi kelistrikan dari industri PT. Angkasa Pura Support, Asrar Ardiansyah, S.T.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah  meningkatkan kompetensi mahasiswa tentang dasar instalasi dan pengontrolan motor listrik, sesuai dengan pengalaman lapangan dari praktisi.

Ketua Program Studi Teknik Listrik,Umar Muhammad menyampaikan praktisi mengajar merupakan program kemendikbud ristek yang telah berjalan 2 tahun.

" Semester ini sudah masuk yang ke 4 kalinya. Pada saat ini mahasiswa semester 2 prodi teknik listrik sedang mengikuti perkuliahan praktikum  instalasi listrik tenaga untuk meningkat kompetensi,"ucapnya.

Praktikum dilaksanakan selama 5 hari mulai senin sampai jumat serta praktisi mengajar selama 2 hari, hari selasa dan rabu. 

Program ini selain meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam mendesain rangkaian kontrol motor konvensional menggunakan kontaktor dan timer, juga menambah semangat mahasiswa dalam belajar. 

Umar berharap setelah praktikum ini mahasiswa mampu mendesain dan merakit instalasi listrik kontrol motor 3 fasa.

" Kita berharap pembelajaran ini bisa memberikan motivasi untuk bisa melakukan hal-hal yang kreatif dengan dasar ilmu perakitan instalasi listrik,"harapnya.