Prodi Teknik Mekatronika Poltekbos Bersatu Pembersihan Lingkungan di Pantai Indah Bosowa, Ajarkan Ma

 

 Program Studi Teknik Mekatronika Politeknik Bosowa (Poltekbos) menggelar pengabdian kepada masyarakat sebagai aksi nyata kepedulian lingkungan yang digelar di Pantai Indah Bosowa,Kamis(9/5/24).

Kegiatan bertajuk Harmoni Ekologi untuk Kesejahteraan Lokal.

Pembersihan Lingkungan Pantai Indah Bosowa dilakukan sebagai Tindakan Inovatif dalam Meningkatkan Kepedulian Lingkungan dan Ekonomi Lokal.

Mahasiswa dan dosen program studi tersebut bergabung sebagai pelaku pengabdian dengan melakukan aktivitas pembersihan di beberapa spot ramai pengunjung Pantai .

Ketua Program Studi Teknik Mekatronika, Andi Fitriati menyatakan dalam sambutannya bahwa sebagai intelek pembangun bangsa, civitas akademika perlu meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan dan perekonomian lokal.

" Kita berharap bahwa kegiatan ini akan mendorong mahasiswa untuk menjadi penggerak masyarakat yang sejati, selain sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, kegiatan ini juga memiliki dampak ekonomi lokal yang signifikan,"ucapnya.

Dengan membersihkan dan menjaga kebersihan Pantai Indah Bosowa, destinasi wisata lokal yang populer, diharapkan kunjungan wisatawan akan meningkat, memberikan dampak positif terhadap perekonomian lokal.

Ini juga menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk memahami pentingnya hubungan antara pelestarian lingkungan dan pertumbuhan ekonomi.

Resonansi positif terhadap kegiatan ini tidak hanya datang dari pihak pengelola Pantai Indah Bosowa, tetapi juga dari pengunjung.

 Alfiah Daeng Bulan, salah satu pengunjung pantai, menyatakan bahwa kegiatan ini sangat baik dan memotivasi pengunjung untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan, khususnya lingkungan wisata yang menjadi tujuan liburan masyarakat Kota Makassar.

Para mahasiswa yang terlibat juga merasakan dampak positifnya.

Arya Giri, salah satu mahasiswa, mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat memotivasinya untuk menciptakan lingkungan asri dan bersih di sekitar tempat tinggalnya.

Baginya, lingkungan yang bersih memberikan perasaan ketenangan dan kesejukan.

" Diharapkan akan muncul motivasi baru bagi pengunjung untuk turut menjaga kebersihan lingkungan di area wisata Kota Makassar,"pungkasnya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat menjadi langkah awal yang signifikan dalam memperkuat kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan dan perekonomian lokal bagi keberlangsungan destinasi wisata di daerah tersebut.