Ratusan Siswa Padati Poltekbos Expo 2024 di Kampus Politeknik Bosowa Makassar

Ratusan siswa memadati gelaran Poltekbos Expo 2024 yang dihadirkan Politeknik Bosowa (Poltekbos).

Pameran ini berlangsung di Kampus Politeknik Bosowa, Jalan Kapasa Raya, Makassar, Rabu (28/8/2024).

Tampak para siswa SMK di Sulawesi Selatan (Sulsel) itu antusias melihat karya dari masing-masing jurusan yang dipamerkan. 

Event dengan tema ‘Collaboration of Works and Innovation’ ini merupakan bagian dari program Competitive Fund oleh Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 

Poltekbos Expo ini bertujuan untuk memperkenalkan berbagai karya dan inovasi mahasiswa Politeknik Bosowa.

Acara ini juga menjadi ajang kompetisi dan kolaborasi antar siswa SMA/SMK/sederajat se-Kota Makassar dan sekitarnya.

Adapun rangkaian acara Poltekbos Expo meliputi talkshow dengan tema Independent Entrepreneurship: Creating and Innovating in the Modern Era, lalu expo karya program studi Politeknik Bosowa.

Ada pula berbagai perlombaan kreatif dan edukatif, serta festival kuliner yang menampilkan ragam kuliner khas daerah.

Direktur Politeknik Bosowa, Dr Ridwan, menjelaskan bahwa tujuan Poltekbos Expo ini untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang keunggulan Politeknik Bosowa. 

“Harapan kami dengan kegiatan ini, hubungan Politeknik Bosowa dan masyarakat serta sekolah di Makassar dan sekitarnya bisa terus terjalin,” jelasnya.

Dalam pelaksanaannya, Politeknik Bosowa mengundang sebanyak 16 SMK di Makassar dan luar Makassar.

Rektor Universitas Bosowa (Unibos) Prof Batara Surya, menjelaskan bahwa perguruan tinggi sekarang harus menjalin kerja sama dengan pentahelix.

“Saya meyakini karena melibatkan SMK, kerjasama dan kolaborasi itu telah diwujudkan. Mudah-mudahan nanti bisa membangun kolaborasi bersama Politeknik Bosowa,” jelasnya.

Prof Batara Surya juga menambahkan bahwa Politeknik Bosowa berkomitmen menyiapkan generasi untuk memiliki kompetensi. 

Proses pendidikan di Politeknik Bosowa pun diyakini bisa mengantarkan untuk para lulusan untuk berkompetisi di dunia kerja.

“Semoga apa yang dilakukan ini akan mampu mewujudkan inovasi baru, dan pada akhirnya capaian bisa dipenuhi,” tambah Prof Batara Surya. (*)