Sambangi PLTU Jeneponto, Poltekbos Ajak Siswa SMK Campus Tour

Politeknik Bosowa (Poltekbos) menggelar Campus Tour bersama SMK Darussalam ke Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jeneponto,Senin (29/5/23).

Kegiatan bertujuan untuk menambah wawasan dan pengalaman siswa secara langsung terkait dunia industri sebelum melanjutkan pendidikan.

PLTU Jeneponto milik PT Bosowa Energi merupakan salah satu sumber listrik yang dihasilkan guna memenuhi kebutuhan masyarakat Sulawesi Selatan.

Kunjungan ini pengenalan terhadap cara kerja dari PT Bosowa Energy Power Plant sebagai salah satu penyuplai listrik wilayah Sulselbar.

Setelah mendapat penjelasan singkat dari Perwakilan PLTU, rombongan dibagi menjadi dua bagian.

Para siswa diajak berkeliling oleh salah satu staff PLTU yang merupakan alumni Politeknik Bosowa untuk observasi langsung melihat proses pembentukan energi listrik.

 

Mulai dari menjelaskan bagaimana proses penyedotan air laut mulai diproses menggunakan teknologi melalui berbagai tahapan.

 

Hingga air laut tersebut dipanaskan menggunakan batu bara dan menjadi uap, kemudian dikonversi menjadi energi listrik. 

 

Mulai dari Water Treatment Plant yang berfungsi mengubah air laut menjadi air tawar yang nantinya digunakan ke Boiler untuk mengubah air menjadi uap.

Dilanjutkan ke area Boiler dan Central control room.

 

Di ruang kontrol siswa-siswi diberikan penjelasan tentang semua area bagaimana sistem pengoperasian terjadi.

 

Tak hanya itu saja, para siswa juga melakukan diskusi dalam sesi tanya jawab.

 

Direktur Politeknik Bosowa, Alang Sunding menyampaikan harapannya kepada siswa SMK Darussalam.

 

"Semoga para siswa dapat mengambil banyak pelajaran dari kunjungan ini karena bagaimanapun kedepannya mereka akan terjun langsung di dunia industri,"harapnya.