Selamat, 3 Mahasiswa Teknik Listrik Poltekbos Berhasil Terbitkan HAKI Sistem Akuisisi Data Gelombang

Tiga orang mahasiswa Program Studi Teknik Listrik Politeknik Bosowa (Poltekbos) menerbitkan Buku Panduan Petunjuk dan memperoleh merek pemegang Hak Cipta Sistem Akuisisi Data Gelombang Laut Berbasis IoT (SIAGA LAUT-IoT) ,Jumat (5/8/22).

Buku Panduan Petunjuk tersebut dibuat oleh Ahmad Daniel, Andi Ambas Hafid dan Burhan BJ.

Dalam pengembangan tersebut, ketiga mahasiswa dibantu oleh dua dosen pembimbing.

Hak Cipta untuk Buku Panduan Petunjuk secara resmi diperoleh pada tanggal 1 Agustus 2022 di Makassar, melalui Surat Pencatatan Ciptaan yang dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI.

Ahmad Daniel mengungkapkan Data tinggo gelombang laut sangat dibutuhkan dalam dunia kemaritiman untuk menunjang aktivitas nelayan,transportasi, dan kehidupan pesisir, sehingga sulit memperoleh data pengukiran dan diperlukan suatu sistem yang mampu mengamati perubahan tinggi gelombang laut lebih akurat.

" Teknik pengmpulan data dilakukan dengan melakukan pengujian sensor dan tampilan pada aplikasi dan hasil menunujukkan sistem akuisisi data tinggi gelombang laut yang telah dirancang dapat bekerja dengan presentase error sebesar 1,26% serta memiliki tingkat pengukuran akurasi 98,74%,"ungkapnya.

Andi Ambas Hafid turut memaparkan jika hasil pengujian unjuk kerja sistem akuisisi tinggi gelombang laut yang telah dirancang mampu mendeteksi, mengumpulkan,mengirim,mengolah dan menapilkan data hasil secara realtime.

" Berdasarkan hasil penelitian, diperlukan suatu sistem pengkuruan tinggi gelombang laut yang mampu melakukan akuisisi data hasil pengukuran dapat diolah dan dipantau secara realtime setiap saat," papar Ambas.

Hak Cipta merupakan salah satu bagian dari kekayaan intelektual yang memiliki ruang lingkup objek dilindungi paling luas, karena mencakup ilmu pengetahuan, seni dan sastra  yang di dalamnya mencakup pula program komputer.