Siap Terjunkan Mahasiswa di Industri, Poltekbos Kolaborasi Bersama Praktisi

Politeknik Bosowa  (Poltekbos) menandatangani perjanjian kerjasama pelaksanaan Program Praktisi Mengajar Angkatan 2 Tahun 2023, di Nusantara Ballroom Hotel Horison Grand Serpong, Tangerang, Banten, Senin(22/5/23).

Kegiatan bertujuan untuk memperkuat komitmen dan sinergi Perguruan Tinggi Pelaksana, Tim Pelaksana Program, serta pemangku kepentingan lainnya untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan program.

Sebanyak 10.577 praktisi menjadi pengajar di 260 perguruan tinggi yang bermitra dengan Kemendikbud Ristek, salah satunya Politeknik Bosowa.

Praktisi Mengajar merupakan kegiatan MBKM yang menjadi wadah untuk berbagi pengalaman kepada mahasiswa.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Poltekbos, Irvawansyah memaparkan sangat senang dengan program ini,sebab membuat alumni Politeknik Bosowa semakin siap untuk terjun ke dunia kerja.

" Kami berharap program ini bisa berlanjut dan mahasiswa dapat memaksimalkan apa yang sudah didapatkan, sehingga kerjasama antara dunia pendidikan semakin dekat dengan dunia industri,"paparnya.

Tak hanya itu, Ivan juga sangat mengapresiasi program praktisi mengajar dari Kemendikbud Ristek ini, karena meningkatkan relevansi skill dan kompetensi lulusan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Selanjutnya, Poltekbos berkolaborasi untuk setiap mata kuliah mendapat 12 jam bersama praktisi yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun dan telah meraih hibah praktisi mengajar sejak tahun 2022.

Pada tahun ini Politeknik Bosowa meraih hibah untuk 24 kelas kolaborasi.

Manfaat yang diperoleh dari kegiatan ini semakin meningkat dan berkembanganya capaian pembelajaran lulusan, penyesuaian Rencana Pembelajaran Semester sesuai dengan kebutuhan dunia industri.

Ivan mengatakan mata kuliah dirancang dan dikelola secara bersama atau secara kolaboratif antara dosen dengan praktisi, sehingga mahasiswa dapat memperoleh pembelajaran menyeluruh yang menghubungkan teori dengan praktek lapangan.

" Mahasiswa diharapkan dapat lebih siap untuk terjun ke dunia kerja, dan menjadi pemimpin masa depan dalam berbagai pilihan karir sesuai minat dan potensi masing-masing,"pungkasnya.