Siapkan Mental di Industri, Mahasiswa Lakukan Kunjungan di PLTS Pangkep

Mahasiswa Program Studi Teknik Listrik Politeknik Bosowa (Poltekbos) lakukan outdoor education ke Unit Pangkep Solar Power Perumda Mappatuwo Pangkep, selasa(30/4/24).

Outdoor education ini bertujuan mengembangkan kurikulum pendidikan tentang pemanfaatan energi sebagai sumber tenaga listrik.

PLTS merupakan pembangkit listrik yang memanfaatkan radiasi matahari sebagai sumber energi.

Radiasi matahari tersebut kemudian dikonversi menjadi sumber energi listrik.

Mahasiswa diberikan pengalaman langsung tentang dunia kerja yang sebenarnya pada lingkungan dunia industri.

Kunjungan ini juga memperkenalkan kepada mahasiswa komponen-komponen penyusun dan cara kerja PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) On Grid atau yang terhubung ke Jaringan Listrik PLN.

Tak hanya itu, PLTS Pangkep merupakan salah satu pembangkit listrik yang menyuplai listrik PLN di grid Sulawesi Selatan Tenggara dan Barat dengan kapasitas listrik 1 MW.

Mahasiswa menyaksikan secara langsung proses produksi listrik maupun komponen penyusun PLTS yang terhubung ke jaringan listrik 20 kV

Ketua Program Studi Teknik Listrik, Umar Muhammad memaparkan PLTS ini telah berusia 10 tahun dengan biaya investasi tinggi, tapi biaya operasional rendah.

Melalui kunjungan industri ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengetahui diagnosis peralatan tegangan tinggi di dunia kerja dengan ilmu yang diperoleh selama kuliah.

Diharapkan dapat mendorong mahasiswa agar memiliki minat dan keahlian untuk bekerja di perusahaan yang terkait dengan ketenagalistrikan.

Umar Muhammad mengatakan bahwa dia sangat berterimakasih atas dilaksanakannya kegiatan kunjungan industri tersebut.

“Saya sangat berterimakasih atas terlaksananya kegiatan ini, alhamdulillah kita disambut dengan baik oleh pihak PLTS Pangkep. ini juga dilakukan sebagai prakondisi bagi mahasiswa sebelum mereka melakukan kegiatan Magang selama satu semester,"pungkasnya.