Tanamkan Sikap Dasar dan Etika Profesi, Lulusan Poltekbos Siap Hadapi Persaingan Industri

Program Studi Perhotelan Politeknik Bosowa (Poltekbos) menggelar workshop Sikap Dasar dan Etika Profesi Pada Industri Perhotelan di aula Poltekbos,Rabu(22/11/23).

Seminar ini mendatangkan narasumber Ivonne Tumbelaka, S.E. selaku Room Division Manager Novotel Makassar Grand Shayla.

Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa prodi Perhotelan dapat mengimplementasikan sikap dan etika berdasarkan standar industri perhotelan yang merupakan modal dasar yang harus dimiliki ketika  memasuki dunia kerja perhotelan.

Selain itu, seorang karyawan hotel hendaknya mempunyai sikap dan karakter yang ramah, sopan dan berwawasan luas.

Dalam melayani tamu agar merasa nyaman dengan fasilitas pelayanan di hotel yang dikunjungi hendaknya berusaha memberikan pelayanan terbaik.
 
Dari setiap departemen di hotel mempunyai standar pelayanan sendiri dan peraturan-peraturan mengenai etika pelayanan.

Hotel di Indonesia terkenal dengan warga masyarakatnya yang mempunyai sikap yang ramah dan membuat banyaknya wisatawan tertarik berwisata ke Indonesia.

Hal tersebut sangat pentingnya sebuah sopan santun dan etika dalam berkomunikasi, berinteraksi dengan orang lain atau etika yang diperlukan untuk diri sendiri.

Menurut Ivonne, kebutuhan akan sumber daya manusia yang mampu bersaing dengan tantangan global serta skill yang mumpuni tentu menjadi salah satu peluang karir di industri perhotelan.

" Mahasiswa di era sekarang, dituntut harus bisa mengasah soft skill demi menghadapi persaingan zaman. Sebab, iklim dunia kerja saat ini penuh dengan persaingan, selain kemampuan akademik, dibutuhkan kecakapan lain untuk bisa berkompetisi,"paparnya.

Tak hanya itu saja, Industri perhotelan dan pariwisata saat ini berkembang pesat.

Pariwisata telah menjadi salah satu sektor penting dalam pembangunan dan pengembangan daerah.
 
Maka dari itu, para lulusan dari prodi perhotelan akan menjadi jadi incaran industri perhotelan.

Ketua Program Studi Perhotelan, Anggun Sari Sasmita mengatakan  kegiatan kuliah tamu merupakan program rutin dari program studi perhotelan yang memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai perkembangan terbaru industri perhotelan sehingga dapat tercipta link and match antara kompetensi mahasiswa dan kebutuhan sumber daya di Industri.

Ia juga menambahkan etika profesi meliputi kedisiplinan kerja sesuai SOP, etos kerja yang dilihat dari cara menghadapi tekanan, inisiatif, tanggung jawab dan juga sopan santun baik dalam lingkup pekerja maupun tamu hotel.

" Poltekbos menyajikan dan mengembangkan skill mahasiswa, berkualitas dan unggul sesuai dengan kebutuhan industri perhotelan. Sehingga diharapkan lulusan prodi Perhotelan akan langsung terserap oleh industri bidang perhotelan,” tutupnya.