Tingkatkan Daya Saing Dunia Kerja, Prodi Perpajakan Polibos Gelar Kuliah Umum

Program Studi DIII Perpajakan Politeknik Bosowa  (Polibos) menggelar  kuliah umum untuk meningkatkan soft skill mahasiswa, Jumat (10/12/21).

Dalam kuliah umum kali ini Prodi Perpajakan menghadirkan narasumber Ardyansyah Gusdi selaku PDCA Semen Bosowa Group sekaligus Dosen Perpajakan Polibos.

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan para mahasiswa guna mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja ketika sudah menyelesaikan perkuliahannya.

 

Ardyansyah Gusdi memaparkan soft skill sangat diperlukan  untuk berkarya di dunia kerja, menurutnya peningkatan kemampuan mahasiswa tidak hanya berfokus kepada kecerdasan intelektual atau hard skill, melainkan perlu memiliki skill set agar bekerja dengan baik.

“ Penentu kesuksesan bukan hanya kecerdasan melainkan kemampuan soft skill seperti kemampuan berkomunikasi, karakter dalam memimpin, kreatif dan inovatif, maka dari itu pembinaan ini harus terus dilakukan agar orang yang karakternya tertempa dengan baik akan menjadi sukses,” paparnya.

Di dunia kerja, lanjut Ardyansyah ia menekankan betapa pentingnya para lulusan untuk memiliki keterampilan mengelola diri dan orang lain, sebab hal tersebut adalah penentu kesuksesan seseorang.

“ Kunci sukses yang pertama yaitu kejujuran dan kedisiplinan, selebihnya Atribut soft skill yang dominan dibutuhkan di lapangan kerja yang harus dimiliki seorang lulusan adalah  inisiatif, etika integritas, berpikir kritis, dan kemauan belajar, selain itu harus mampu berkooperasi, fleksibel, bekerja dalam tim, mandiri, mampu mendengarkan, tangguh, berargumen logis serta piawai dalam manajemen waktu,” lanjutnya.

Diakhir materi Ardyansyah meminta peserta untuk serius mendengarkan materi yang disampaikan sehingga semua akan ada hikmah dan manfaatnya.

“Mari kita tingkatkan soft skill untuk kehidupan yang lebih membahagiakan”, tutupnya.