Tinjau Evaluasi Kurikulum, Prodi Perhotelan Poltekbos Gelar FGD

Program Studi Perhotelan Politeknik Bosowa (Poltekbos) menggelar Focus Group Discussion (FGD)  bersama stakeholder yang digelar di Ruang meeting Poltekbos, Jumat(14/7/23).

FGD merupakan diskusi  yang dilakukan secara sistematis dan terarah untuk membahas suatu masalah tertentu dalam suasana informal serta dilaksanakan dengan panduan seorang moderator.

Tak hanya itu, kegiatan peninjauan dan evaluasi kurikulum menjadi topik utama dalam pembahasan di program studi perhotelan.

Hal ini  bertujuan untuk menyusun dan mengembangkan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), berdasarkan analisis kebutuhan pasar (market signal) dan pemangku kepentingan (stakeholders). 

Evaluasi kurikulum merupakan kegiatan yang dilakukan dalam rangka menilai semua kegiatan yang ada guna mengetahui perkembangan yang ada saat ini.

Ketua Program Studi Perhotelan, Anggun Sari Sasmita memaparkan jika adanya analisis perkembangan kelilmuan institusi maupun program studi yang dipadukan dengan perkembangan keilmuan dan keahlian, akan menghasilkan profil lulusan yang selaras dengan kebutuhan industri.

" Hasil dari FGD ini akan memberikan gambaran bagi prodi dalam rangka menyusun, merumuskan dan mengembangkan kurikulum MBKM program studi Perhotelan sehingga didapatkan capaian pembelajaran lulusan yang adaptif ,"paparnya.

Anggun menambahkan, FGD yang berlangsung memiliki beberapa manfaat untuk memperoleh data kualitatif bermutu, menciptakan ide untuk penelitian yang lebih mendalam, cross-check data dari metode lain, hingga mengidentifikasi dan menggali informasi dari kelompok tertentu.

" Peninjauan dan evaluasi kurikulum MBKM ini juga diharapkan dapat mendukung keberhasilan proses pembelajaran, agar menghasilkan mahasiswa yang berkompeten dan sejalan dengan kebutuhan dunia kerja,"pungkasnya.