Tunjukkan Prestasi Gemilang, Poltekbos Raih Peringkat 3 Ajang PKM Vokasi

Politeknik Bosowa (Poltekbos) kembali menunjukkan eksistensinya dengan meraih prestasi gemilang peringkat 3 nasional kategori penerima insentif Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Artikel Ilmiah Terbanyak se Indonesia oleh Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi.

Prestasi tersebut diraih dalam Apresiasi Program Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi dalam rangka Program Kreativitas Mahasiswa Vokasi Tahun 2024.

Sebanyak tiga proposal mendapatkan insentif, capaian tersebut tersebut menempatkan Poltekbos sebagai peringkat ketiga perguruan tinggi vokasi swasta yang menerima insentif PKM-AI terbanyak se Indonesia.

Direktur Poltekbos, Dr. Ridwan, S.T.,M.Si memaparkan jika melalui PKM-AI memberikan kesempatan mahasiswa untuk menggali lebih dalam hasil kegiatan akademik berkelompok dan menerjemahkannya dalam bentuk artikel ilmiah.

" Ini adalah  bukti nyata potensi dan dedikasi mahasiswa dalam berkontribusi dan berinovasi bagi masyarakat. Selain itu hasil dari kerja keras, kedisiplinan tim telah ditunjukkan,"paparnya.

Ia juga mengapresiasi dosen pembimbing yang telah mendidik dan memberi dukungan terutama saat menjalani proyek penelitian.
Muhammad Edy Hidayat, dosen pembimbing untuk ketiga usulan artikel ilmiah tersebut, turut merasa bangga atas capaian yang diperoleh ini, “ini merupakan langkah dan prestasi awal kita untuk membuka pintu menuju prestasi-prestasi gemilang lainnya di masa depan, kita tidak boleh cepat puas dengan capaian ini, jadikan capaian ini sebagai motivasi untuk kompetisi lainnya”.

Tim PKM AI mendapatkan banyak ilmu, saran, dan informasi yang tak hentinya diberikan oleh dosen pembimbing mereka.

PKM-AI diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menuangkan pemikiran dari hasil-hasil kegiatan ilmiah yang telah dilakukan ke dalam bentuk sebuah artikel ilmiah ,sesuai kriteria standar sistematika penulisan jurnal ilmiah.

Melalui keahlian tersebut, mahasiswa secara runtut mampu menguraikan suatu permasalahan dan mencari solusi dengan tujuan tertentu.

Baik untuk permasalahan yang sifatnya masih dasar maupun permasalahan terapan di lapangan.

Selain itu, mahasiswa diharapkan juga mampu memilih metode dan teknik penyelesaian dari permasalahan disertai dengan kemampuan menguraikan landasan teori yang terkait dengan permasalahan yang dibahas.

Ketajaman pembahasan dalam menganalisis hasil yang diperoleh, yang akhirnya bermuara pada penyimpulan upaya penyelesaian masalah yang telah dilakukan.

Dr. Ridwan berharap  program ini diharapkan mampu mengantarkan mahasiswa kepada keterampilan atau keahlian dalam menulis artikel ilmiah.