Berikan Hadiah Jutaan Rupiah, Poltekbos Gelar Lomba Produk Pengelasan

Politeknik Bosowa (Poltekbos) gelar lomba Produk Pengelasan untuk siswa tingkat SMA/SMK sederajat yang digelar di Workshop Poltekbos, Kamis(16/3/23).

Kegiatan ini bertujuan mendorong minat dalam berwirausaha khususnya bidang pengelasan serta  menjaring Sumber Daya Manusia yang berbakat.

Sebanyak 6 tim turut berpartisipasi dalam kompetisi tersebut.

Produk yang dibuat selama lomba yakni rangka kursi.

Setiap tim membuat rangka kursi yang telah di desain oleh panitia.

Kompetisi bertajuk menumbuhkembangkan jiwa berwirausaha melalui pengelasan.

Ketua Panitia Lomba Ulia Ridhani memaparkan memilih lomba ini sebab selama 2 tahun terakhir, prodi PPM banyak menerima orderan produk dari pusat produksi dan iasa terkait pengelasan, sehingga mencoba untuk mengangkat topik tersebut yg berbasis produk.

" Saya sangat senang dengan adanya lomba dengan topik yang berbeda dari sebelumnya,biasanya kompetisi menggunakan media pelat, kali ini kami langsung aplikatif membuat rangka kursi,"paparnya.

Dalam lomba ini semua peserta saling berlomba menunjukkan kemampuan dan keterampilan dalam mengelas.

 

Tak hanya itu, terdapat beberapa aspek penilaian yaitu Pemeriksaan hasil pengelasan seperti Jalur las, rigi-rigi,  hasil pengelasan (digerinda),Pengukuran produk, estetika dan sikap kerja.

Saat ini kebutuhan akan pengelasan di dunia sangat tinggi, bahkan tidak sedikit perusahan manufaktur yang kesulitan memenuhi kebutuhan tenaga ini.

Karenanya, lewat kegiatan ini Poltekbos ingin berkontribusi dalam upaya peningkatan kuantitas maupun kualitas welder.

Kompetisi Produk Pengelasan menjadi ajang uji coba siswa SMA/ SMK untuk siap menghadapi dunia industri.

Lomba ini memperebutkan sejumlah hadiah uang tunai senilai jutaan rupiah dan pemenang juga mendapatkan kesempatan besar untuk diterima berkuliah di Poltekbos tanpa tes.