Kantongi Sertifikat Level ASEAN, Prodi Perhotelan Poltekbos Lakukan Uji Kompetensi

Mahasiswa Program Studi Perhotelan Politeknik Bosowa (Poltekbos)  mengikuti kegiatan pembukaan pelatihan dan uji kompetensi yang di gelar di Edotel SMKN 6 Makassar, Rabu (22/6/22).

Uji kompetensi tersebut dilakukan setiap tahun bagi mahasiswa untuk mendapatkan sertifikat dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kerja serta sebagai sarana persiapan diri bersaing di dunia kerja.

Sertifikat kompetensi yang didapatkan mahasiswa juga dapat digunakan di level ASEAN.

Program ini merupakan sertifikasi kompetensi kerja Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)  bidang Hotel Restoran dan Tour Guide yang diselenggarakan oleh LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) Pariwisata Anging Mammiri.

Penilaian kompetensi dilakukan oleh para assesor yang berlangsung hingga 26 Juni 2022 di beberapa Hotel Group Bosowa yakni Hotel Aryaduta dan Hotel Novotel Grand Shayla.

Menurut Ketua Program Studi Perhotelan Poltekbos, Anggun Sari Sasmita memaparkan saat ini, ijazah perguruan tinggi membutuhkan sertifikat pendamping salah satunya sertifikat kompetensi dari lembaga seperti LSP.

 " Seluruh alumni Prodi Perhotelan dilengkapi ijazah, sertifikat kompetensi, sertifikat kemampuan bahasa Inggris, dan sertifikat pengalaman praktik industri di dalam dan luar negeri," paparnya.

Tak hanya itu saja, uji kompetensi ini memudahkan para lulusan yang akan mencari kerja di bidang yang diharapkannya, sebab telah memiliki sertifikat dari asosiasi profesi.

"Kami dosen-dosen di Prodi Perhotelan selalu mendorong mahasiswa untuk mengasah keterampilan di bidang perhotelan dan pariwisata. Saat ini, pengakuan dari kampus saja tidak akan cukup, kita perlu pengakuan dari lembaga kredibel lain untuk menambah daya jual alumni di bursa kerja," pungkasnya.