Lakukan Outdoor Education, Prodi PPM Poltekbos Bertandang ke PLTG Tello

Program studi Perawatan dan Perbaikan Mesin (PPM) Politeknik Bosowa (Poltekbos) lakukan kunjungan industri ke Unit Pelayanan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Tello, Rabu (15/6/22).

Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang harus dijalankan dengan cara mengunjungi perusahaan bersama mahasiswa dan dosen untuk memperkenalkan dunia industri secara aplikatif (Outdoor Education).

Selain itu, kunjungan tersebut bertujuan sebagai ajang pembelajaran sekaligus menambah wawasan mahasiswa terhadap dunia industri, sehingga mahasiswa mempunyai bekal pengetahuan dan kompetensi yang sesuai dengan dunia kerja.

Sesi kegiatan kunjungan diisi dengan materi mengenai Safety Induction, Proses Pembangkit Listrik PLTG, K3 Kelistrikan, sosialiasasi PLN Mobile dan kunjungan lapangan.

Meski hanya berlangsung tiga jam, namun acara berjalan komunikatif.

Peserta banyak mengajukan pertanyaan seputar teknologi proses pembangkit listrik tenaga gas, sembari melihat proses di lapangan.

Ketua Program Studi PPM, Ulia Ridhani menuturkan kunjungan industri ini sangat berkaitan dengan beberapa mata kuliah yang ada di program studi seperti perawatan korektif, prediktif dan pencegahan serta mahasiswa dapat melihat dan merasakan secara langsung aktivitas yang dilakukan di dunia industri sesuai profesi bidang keahlian.

" Melalui kunjungan industri ini, mahasiswa dan dosen dapat mengetahui bagaimana kesesuaian antara kurikulum yang tengah dijalankan di kampus dengan kebutuhan industri yang tengah berkembang,"tuturnya.

Tak hanya itu saja, salah satu mahasiswa PPM, Justang mengaku senang dengan adanya pembelajaran ke industri-industri.

" Menurut saya, kegiatan seperti ini sangat menarik dan penting untuk diikuti  apalagi mendapat wawasan baru sekaligus peluang kerja dalam dunia industri 4.0," pungkasnya.