Perlihatkan Proses Pengangkatan Batu Bara, Poltekbos Ajak Siswa SMA 17 Pangkep Bertandang ke PLTU Je

Politeknik Bosowa (PoltekBos) mengadakan kembali Campus Tour bersama SMAN 17 Pangkep ke Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang bertempat di Kab. Jeneponto, Rabu(28/6/23).

Campus Tour Poltekbos memberikan siswa kesempatan untuk merasakan budaya dan suasana selama bekerja.

Selain itu,belajar tentang attitude, disiplin dan budaya yang ada di industri.

Salah satu perwakilan Bosowa Education, Rachmat memberikan sepatah kata untuk mengawali  Campus Tour .

"Tujuan adanya Campus Tour ini sebagai wadah bagaimana kita bisa mengenalkan kampus PoltekBos yang lebih banyak praktiknya, dan berkujung ke PLTU untuk mempelajari salah satu unit Bosowa Energi yaitu PLTU Jeneponto," jelasnya.

Acara dibuka langsung oleh Staff Operasi Pembangkit PLTU, Ansar sembari memaparkan company profile perusahaan mengenai pengenalan dunia kerja.

Kemudian dilanjutkan dengan melihat proses produksi secara langsung.

Para peserta kunjungan industri juga bebas bertanya kepada perwakilan pihak industri mengenai proses produksi yang mereka ingin tahu.

Di sisi lain, Coal Handling System PLTU, Takdir menjelaskan bahwa limbah yang dihasilkan dari pemakaian batu bara dapat dimanfaatkan kembali.

"Limbah yang kami hasilkan tentunya tidak terbuang begitu saja karena dapat dimanfaatkan kembali salah satunya sebagai bahan untuk membuat semen," ucapnya.

Sebelum kunjungan berakhir, Ansar  memperlihatkan secara langsung proses pengangkatan dan pengambilan batu bara dari kapal hingga sampai ke tujuannya.

"Seperti inilah proses pengambilan dan pengakatan batu bara sebagai bahan bakar utama kita disini, dan semuanya datang dari Pulau Kalimantan," pungkasnya.