Takut Salah Pilih Jurusan? Yuk Simak Tips dan Trik dari Unibos dan Poltekbos

Mimpi menjadi salah satu topik paling menarik bagi setiap orang, karena setiap manusia pasti memiliki mimpinya masing-masing,hal inilah yang menjadi salah satu topik menarik yang dihadirkan dalam kegiatan Temu Organisasi Sekolah se Makassar, yang digelar oleh Universitas Bosowa dan Politeknik Bosowa di Balai Sidang, Rabu(10/1/24).

Seminar bertajuk Membangun motivasi untuk meraih impian.

Menghadirkan narasumber Educational Coach, Titim Wibawayati Asapa.

Kegiatan diikuti sebanyak 400 siswa dari SMA/SMK.

Masa kuliah dianggap sebagai momen yang cukup menentukan dalam kehidupan seseorang,sebab ijazah perguruan tinggi sangat dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan.

Tapi tidak jarang, masa kuliah juga bisa menjebak, saat seseorang salah memilih jurusan.

Titim Wibawayati menjelaskan untuk menemukan jurusan kuliah terbaik, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, misalnya saja ikuti kata hati, pilih sesuai minat bakat, lakukan riset sesuai jurusan yang diinginkan, perhatikan peluang kerja, menggali potensi, hingga berdiskusi dengan orang tua.

" Sebenarnya memilih jurusan ini hal yang simple, jika sudah mengetahui apa passion dalam diri masing-masing, maka dijamin akan sangat mudah untuk menentukan jurusan kuliah yang sesuai,"jelasnya.

Menurutnya passion itu kegiatan yang tidak akan ada matinya, orang yang memiliki passion bakal melakukan hal yang dia sukai terus menerus tanpa ada paksaan atau perintah.

Sangat banyak calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah tetapi sangat bingung karena tidak mengetahui passion dan kemampuan yang ada dalam diri mereka. 

Titim juga mengungkapkan jika sudah mengetahui dimana passion kalian  maka sangat mudah dalam mencari jurusan kuliah.

" Setiap orang pasti ingin sekali membuat mimpi-mimpi itu tidak hanya menjadi sebuah keinginan semata, tetapi juga ingin diwujudkan dalam bentuk yang nyata sesuai harapan kita, jadi tetap semangat untuk meraih mimpi di masa depan,"pungkasnya.