Tingkatkan Daya Tawar Lulusan, Prodi PPM Lakukan Uji Kompetensi

Program Studi Perawatan dan Perbaikan Mesin (PPM) Politeknik Bosowa (Poltekbos) mengikuti uji kompetensi mahasiswa yang digelar di kampus Politeknik ATI Makassar, Senin (13/6/22).

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 12 peserta terpilih yang berasal dari mahasiswa Poltekbos.

Kompetensi yang dilakukan meliputi klaster Perawatan dan Reparasi Peralatan Mekanik serta dilakukan sebanyak 3 tahap yakni pembekalan, uji kompetensi tertulis hingga uji kompetensi praktik selama beberapa hari.

Dalam uji kompetensi, para mahasiswa melaksanakan tiga belas unit kompetensi yang dimana poin-poin tersebut harus dapat diselesaikan oleh peserta dalam jangka waktu yang telah ditentukan, lalu akan dinilai oleh para asesor yang kompeten di bidangnya.

Ketua Program Studi Perawatan dan Perbaikan Mesin Ulia Ridhani memaparkan persaingan kerja di masa mendatang diprediksi akan semakin ketat, sebab mensyaratkan kompetensi lulusan yang memenuhi standar industri.

" Uji kompetensi ini sangat diperlukan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa sesuai dengan standar profesi, karena untuk dapat diterima bekerja di dunia kerja, harus kompeten yang antara lain dibuktikan dengan sertifikat kompetensi melalui uji kompetensi,"paparnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan jika antusias mahasiswa untuk ikut kegiatan ini sangat besar,karena mereka sadar bahwa kompetensi akan mereka gunakan di dunia kerja.

" Hal ini penting dilakukan untuk menjamin bahwa setiap mahasiswa memiliki kompetensi yang memadai, jadi setiap mahasiswa yang lulus dalam uji kompetensi akan diberikan sertifikat kompetensi," pungkasnya.