Tingkatkan Minat Robotika Generasi Muda, Poltekbos Gelar Line Follower Robot Contest

Program Studi Teknik Mekatronika Politeknik Bosowa (Poltekbos) menggelar kompetisi Line Follower Robot Contest selama dua hari mulai 13-14/12/22, di Aula Poltekbos,Selasa (13/12/22).

Kegiatan tersebut merupakan kontes robot tahunan sebagai ajang menyalurkan bakat, minat, kreativitas, dan ide di bidang robotika.

Kompetisi ini diikuti sebanyak 16 tim yang berasal dari siswa tingkat SMA/SMK, sederajat, Mahasiswa serta komunitas.
Hal ini ditujukan sebagai wadah dalam mengenalkan dan mencari bakat kreatif serta  inovatif dalam perkembangan teknologi robot.

Pembina UKM Robotika sekaligus Dosen Teknik Mekatronika, Ir Muh Nur S.kom ., M.T.,IPP menuturkan kontes ini akan menjadi saksi perjuangan para peserta dalam merancang, membangun, dan mengatur strategi robot-robot untuk mengatasi setiap tantangan yang ada dalam setiap kategori lomba.

" Untuk menjadi juara pada lomba kali, peserta harus memastikan robotnya dapat melewati lintasan dan berhasil melalui berbagai rintangan dari start hingga garis finish,seleksi pun  berpatokan pada rule pertandingan dimana dimensi robot yang diizinkan yaitu panjang 20cm, lebar 20cm dan tinggi 15cm, "tuturnya.

Tak hanya itu saja, bagi pemenang juara 1,2,3 dan Best Design Robot akan mendapatkan hadiah sebesar jutaan rupiah serta sertifkat.

Ketua Program Studi Teknik Mekatronika, Andi Fitriati S.T ., M.T mengungkapkan kompetisi robotika diharapkan dapat menjadi wahana pengembangan inovasi, baik segi teoritis maupun ilmu praktis.

" Kemajuan teknologi di era digital saat ini salah satunya dunia robotik, dengan kontes robotika ini diharapkan mampu mengembangkan kreativitasnya ke arah yang positif dan diharapkan berguna bagi ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia,"pungkasnya.