Torehkan Tinta Emas,Kolaborasi Poltekbos, Unismuh dan PNUP Kembali Menangkan Hibah

Kolaborasi Politeknik Bosowa (poltekbos) bersama Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) dan Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) kembali memenangkan hibah Pengabdian Kepada Masyarakat Kompetitif Nasional dengan skema Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM),Selasa(21/11/23).

PKM ini memberikan berbagai jenis Pelatihan,Peralatan utama dan Peralatan Pendukung untuk meningkatkan kewirausahaan masyarakat kelompok nelayan Pelita Jaya Ujunge, desa Madello kabupaten Barrusenilai Rp 31.778.000 juta.

Pemberian hibah diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat serta Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi.
PKM bertajuk Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Pantai Ujunge Melalui Inovasi Produk Ikan Bakar Vacuum dan Abon Sangrai Khas di Desa Madello Kabupaten Barru.

Tak hanya itu saja, jenis pelatihan dilakukan secara berkala dimulai pada bulan Juli hingga Desember 2023 seperti, pelatihan penggunaan rumah ikan duo model, pelatihan penggunaan mesin pengaduk dan pembuatan bajabu, pelatihan pengemasan sistem vacuum,  pembuatan desain kemasan,pelatihan pemasaran, pelatihan pembukuan sederhana.

Sedangkan peralatan yang dihibahkan yakni Rumah Ikan Duo Model yang dapat digunakan sesuai kebutuhan yaitu bisa menjadi tempat pembakaran ikan dan pengasapan ikan, Mesin Pengaduk Otomasi Bajabu  Abon Sangrai yang dilengkapi dengan tombol on/off dan pengatur suhu,peralatan pendukung seperti kompor, blender, wajan, baskom, spatula, keranjang,pisau, talenan, nampan dan masih banyak lagi.

Di sisi lain, pelatihan dilakukan bertujuan untuk peningkatan kemampuan masyarakat terutama pada produk olahan ikan yang menjadi sumber pendapatan utama demi  memperkenalkan beberapa teknologi sederhana yang dapat digunakan dalam proses produksi seperti penggunaan mesin pengaduk, rumah ikan duo model, membuat desain dengan aplikasi canva, membuat akun penjualan dengan marketplace, membuat pembukuan dengan aplikasi excel serta menciptakan kelompok produksi yang dapat meningkatkan ekonomi keluarga.

Ketua PKM, Dewi Andriani memaparkan kegiatan ini didukung oleh pemda setempat yang hadir pada saat pembukaan program hibah ini seperti kepala desa Madello, dinas kelautan dan perikanan yang diwakili oleh koordinator penyuluh, ketua RT.

" Peserta sangat antusias dan tertarik, bahkan meminta kita segera lakukan pelatihan-pelatihan lanjutan agar produknya bisa segera diproduksi ,kelompok masyarakat nelayan dapat ide olahan hasil tangkapan nelayan menjadi produk kreatif lainnya,"paparnya.

 " Masyarakatj uga semangat untuk berwirausaha sehingga sesuai dengan harapan kita agar pelatihannya dapat langsung diimplementasikan dan menciptakan kelompok usaha baru yang produktif. serta meningkatkan nilai ekonomisnya,"tambahnya.

Tim Kolaborasi ini berharap dengan adanya program hibah dapat membantu masyarakat menjadi lebih mandiri dan menghasilkan mitra-mitra dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu tri dharma perguruan tinggi. 

" Mengawal keberlanjutan program hingga mendapat izin edar seperti P-IRT bahkan logo halal sehingga produk dapat dipasarkan lebih luas,"pungkasnya.